Belajar ( Learning )
Belajar ialah perubahan perilaku yang relatif permanen yang
dibentuk melalui pengalaman. Namun, tidak semua perubahan
perilaku merupakan
hasil belajar .Perubahan perilaku bisa juga terjadi karena obat, kelelahan,maturasi
dan luka BUKAN belajar .
Kondisional Klasik oleh Ivan Pavlov
• Tokoh
: Ivan Pavlov
• Elemen
kunci : asosiasi 2 stimulus
• 2
hal penting berkaitan dengan pembentukan asosiasi :
1.
Frekuensi
2.
Timing
• Definisi
:
“Suatu
bentuk belajar dimana stimulus netral (CS) dipasangkan dengan UCS untuk
menghasilkan CR yang identik dengan UCR.”
- Unconditioned stimulus (UCS)
=
stimulus alamiah yang mendatang respon tanpa pengkondisian/belajar
- Unconditioned response
=
respon alamiah terhadap stimulus alamiah
- Conditioned stimulus
=
stimulus yang dapat mendatangkan respon setelah dipasangkan dengan UCS
- Conditioned response
=
respon yang identik dengan ACR yang dihasilkan dari CS
Manfaat :
• Belajar
kondisioning klasikal berperan dalam memahami issue phobia, takut.
Hasil belajar kondisioning klasikal dapat dihilangkan dengan
teknik
Operan Kondisioning
• Definisi
:
“belajar
dimana konsekuensi dari perilaku mengarahkan pada perubahan probabilitas
terjadinya perilaku.”
• 3
macam konsekuensi yang mempengaruhi perilaku :
1.
penguatan positif
2.
penguatan negatif
3.
hukuman
= konsekuensi yang mengarahkan pada
peningkatan probabilitas terjadinya perilaku
2 hal penting yang harus
diperhatikan dalam pemberian penguatan positif :
1.
timing
2.
konsistensi pemberian penguat
Schedule of Positive Reinforcement
- Fixed ratio
- Variable ratio
- Fixed interval
- Variable interval
Penguatan Negatif
• Definisi
:
“ penguat yang berasal dari pemindahan atau penghindaran
suatu kejadian negatif sebagai konsekuensi dari perilaku.”
- Escape conditioning
- Avoidance conditioning
Stimulus
• Stimulus
Discrimination
“kecenderungan
untuk merespon lebih sering terhadap satu stimulus daripada stimulus lainnya.”
• Stimulus
Generalization
“kecenderungan
bagi stimulus yang mirip untuk menghasilkan respon yang sama.”
Pendekatan Kognitif
Belajar
“Proses mental
aktif untuk memperoleh, mengingat dan menggunakan pengetahuan.”
Outcome :
pengetahuan dan mengetahui
Element paling
penting dalam proses belajar :
“pengetahuan”
Perbandingan Pendekatan Kognitif dan Perilaku Dalam Belajar
1.
Menurut Kognitif, yang dipelajari adalah pengetahuan;
perubahan pada pengetahuan mengubah perilaku. Menurut Perilaku,
perilaku lah yang dipelajari.
2.
Keduanya meyakini bahwa penguat/reinforcement
merupakan hal penting dalam belajar. Menurut pendekatan Perilaku, reinforcement
menguatkan respon. Menurut pendekatan
Kognitif, reinforcement
merupakan sumber pengetahuan yang menyediakan umpan balik mengenai hal yang
mungkin terjadi bila perilaku diulang atau diubah
3.
Dalam
pendekatan Perilaku, individu bersifat pasif dipengaruhi oleh lingkungan. Dalam pendekatan Kognitif, individu aktif memilih,
mempraktekkan, memberi perhatian, mengabaikan, merefleksikan dan mengambil
keputusan lainnya.