Belajar ( Learning )


Belajar ialah perubahan perilaku yang relatif permanen yang
dibentuk melalui pengalaman. Namun, tidak semua perubahan perilaku merupakan
hasil belajar .Perubahan perilaku  bisa juga terjadi karena obat, kelelahan,maturasi dan luka BUKAN belajar .

Kondisional Klasik oleh  Ivan Pavlov
       Tokoh : Ivan Pavlov
       Elemen kunci : asosiasi 2 stimulus
       2 hal penting berkaitan dengan pembentukan asosiasi :
                1. Frekuensi
                2. Timing
       Definisi :
                “Suatu bentuk belajar dimana stimulus netral (CS) dipasangkan dengan UCS untuk menghasilkan CR yang identik dengan UCR.”
  1. Unconditioned stimulus (UCS)
                = stimulus alamiah yang mendatang respon tanpa pengkondisian/belajar
  1. Unconditioned response
                = respon alamiah terhadap stimulus alamiah
  1. Conditioned stimulus
                = stimulus yang dapat mendatangkan respon setelah dipasangkan dengan UCS
  1. Conditioned response
                = respon yang identik dengan ACR yang dihasilkan dari CS
Manfaat :
       Belajar kondisioning klasikal berperan dalam memahami issue phobia, takut.
Hasil belajar kondisioning klasikal dapat dihilangkan dengan teknik
Operan Kondisioning
       Definisi :
                “belajar dimana konsekuensi dari perilaku mengarahkan pada perubahan probabilitas terjadinya perilaku.”
       3 macam konsekuensi yang mempengaruhi perilaku :
                1. penguatan positif
                2. penguatan negatif
                3. hukuman
= konsekuensi yang mengarahkan pada peningkatan probabilitas terjadinya perilaku
2 hal penting yang harus diperhatikan dalam pemberian penguatan positif :
                1. timing
                2. konsistensi pemberian penguat
Schedule of Positive Reinforcement
  1. Fixed ratio
  2. Variable ratio
  3. Fixed interval
  4. Variable interval
Penguatan Negatif
       Definisi :
“ penguat yang berasal dari pemindahan atau penghindaran suatu kejadian negatif sebagai konsekuensi dari perilaku.”
  1. Escape conditioning
  2. Avoidance conditioning



Stimulus
       Stimulus Discrimination
                “kecenderungan untuk merespon lebih sering terhadap satu stimulus daripada stimulus lainnya.”
       Stimulus Generalization
                “kecenderungan bagi stimulus yang mirip untuk menghasilkan respon yang sama.”

Pendekatan Kognitif
Belajar 
“Proses mental aktif untuk memperoleh, mengingat dan menggunakan pengetahuan.”
Outcome : pengetahuan dan mengetahui
Element paling penting dalam proses belajar :
“pengetahuan”

Perbandingan Pendekatan Kognitif dan Perilaku Dalam Belajar
1.      Menurut Kognitif, yang dipelajari adalah pengetahuan; perubahan pada pengetahuan mengubah perilaku. Menurut Perilaku, perilaku lah yang dipelajari.
2.      Keduanya meyakini bahwa penguat/reinforcement merupakan hal penting dalam belajar. Menurut pendekatan Perilaku, reinforcement menguatkan respon. Menurut pendekatan Kognitif, reinforcement merupakan sumber pengetahuan yang menyediakan umpan balik mengenai hal yang mungkin terjadi bila perilaku diulang atau diubah
3.      Dalam pendekatan Perilaku, individu bersifat pasif dipengaruhi oleh lingkungan. Dalam pendekatan Kognitif, individu aktif memilih, mempraktekkan, memberi perhatian, mengabaikan, merefleksikan dan mengambil keputusan lainnya.
0 Responses